Rempah Rempah Indonesia

Indonesia mempunyai pengaruh penting dalam perjalanan sejarah dunia, hanya karena punya komoditi “Rempah-rempah”. Mau tau gini penjelasannya:
Orang barah sudah tergila-gila sama yang namanya rempah-rempah bro. Mereka dapetnya dari para pedagang Arab dan India di Kota Konstantinopel (ibu kota Romawi Timur).
Peta letak kota konstantinopel.
Namun semua berubah setelah Kesultanan Turki Usmaniah menguasai Konstantinopel tahun 1453. setelah itu orang-orang Eropa kesulitan dalam mendapatkan rempah-rempah di pasaran kalaupun ada harganya melambung tinggi.
Kemudian Spanyol dan Portugis berinisiatif untuk mencari tempat penghasil rempah-rempah, yang mereka kira di India. Dengan arahan gereja Roma, keduanya mengambil jalur berbeda Portugis ke timur sedangkan Spanyol ke barat, supaya ga bentrok maksudnya mas bro. Yang kemudian hari di sebut sebagai Era Penjelajahan Samudera dengan misi menemukan sumber utama rempah-rempah dan membuktikan teori bahwa bumi itu bulat. Karena pada masa itu pihak gereja menganggap bahwa bumi itu flat alias datar makanya ada istilah Ujung Dunia.
Gambar rute pelayaran spanyol dan portugis :

Rempah Rempah Indonesia

Nah, taunya dari penjelajarahn itu ada beberapa hal penting yang ditemukan dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perjalanan sejarah dunia. Yang paling penting adalah :
  1. Ditemukan bahwa bumi itu bulat, dibuktikan dengan bertemunya penjelajah Portugis Alfonso D’ab sama Magellans dari Spanyol  di Maluku meskipun dengan arah yang berbeda. maka sejak itu semua tahu bahwa bumi itu bulat dan gereja Roma mulai kehilangan kepercayaannya.
Rempah Rempah Indonesia
Rempah Rempah Indonesia

2. Ditemukannya benua Amerika oleh Columbus, dimana negara Adikuasa (USA) sekarang berada.
3. Ditemukannya benua Australia oleh James Cook yang melakukan pelayaran dari Amerika mau ke Maluku, taunya nyasar karena terlalu ke selatan.

0 comments:

Post a Comment

 
Top